Wednesday, March 10, 2010

Istilah Popok Kain: Jenis

All-in-One Diapers (AIO) : adalah clodi yang memiliki lapisan luar (outer) waterproof dan lapisan penyerap yang sudah terintegrasi dalam clodi ini (dijahit bersama). AIO ideal digunakan saat keluar rumah atau bepergian karena lebih praktis. Kekurangannya, proses pengeringan sehabis dicuci tergolong lama.

All-in-Two Diapers (AI2) : adalah clodi yang memiliki 2 bagian, yaitu lapisan outer waterproof dan lapisan penyerap (soaker). Umumnya, lapisan soaker dipasang dengan menggunakan snap, namun ada juga yg tanpa snap.

Pocket Diapers : adalah clodi berbentuk kantung yang memiliki 2 lapisan berbeda, pertama adalah lapisan inner berbahan stay dry (fleece, suede) dan yang kedua adalah lapisan outer berbahan waterproof (PUL, TPU). Sementara itu, bagian lain yg terpisah, yaitu insert, diselipkan di dalam kantungnya dan berfungsi sebagai penyerap cairan urine bayi.

Fitted Diapers: adalah clodi tanpa lapisan outer waterproof. Oleh karena itu, penggunaannya harus disertai dengan diaper cover untuk menghindari basah pada baju bayi. Clodi jenis ini ideal bagi bayi heavy wetter karena seluruh bagian clodi dpt menyerap pipis. Clodi ini juga cocok utk penggunaan malam hari.

Contour Diapers: adalah clodi seperti fitted, namun tanpa menggunakan snap ataupun velcro sebagai penutup serta tidak ada karet elastis di bagian paha dan/atau pinggang belakang. Diperlukan snappi atau peniti untuk menguncinya serta diaper cover untuk melapisi luarnya spy pipis bayi tidak bocor.

Prefold Diapers:
adalah clodi berbentuk persegi panjang yang dibagi 3 bagian memanjang. Bagian samping kanan dan kiri memiliki ketebalan 4 lapis. Bagian tengah bisa memiliki 6 atau 8 lapis (lebih tebal untuk bagian penyerapan urine bayi). Umumnya prefold dijelaskan dengan angka 4-6-4, 4-8-4 atau 2-4-2 (jarang). Angka-angka ini merujuk pada jumlah lapisan kain di tiap bagian. Seperti pada Contour Diapers, clodi jenis ini memerlukan snappi atau peniti untuk menguncinya, serta diaper cover.

Flat atau Square Diapers: adalah clodi berbentuk selembar kain dan berbentuk bujur sangkar yang seringkali digunakan pada jaman orang tua dan nenek kita masih kecil dulu. Bahannya bisa dari tetra, muslin atau kain lainnya yang berdaya serap cukup. Serupa dengan Prefold Diapers, clodi ini memerlukan snappi atau peniti, serta diaper cover.

Popok Bertali:
adalah clodi berbentuk contour ataupun persegi panjang namun hanya selembar dan memiliki tali di kanan kirinya sebagai pengikat. Bahannya bisa dari tetra, kaos atau katun biasa.




Sumber: Diaper Pin, Cloth Planet, Wild Flower Diapers


Share/Bookmark

No comments:

Post a Comment