Saturday, January 9, 2010

FAQ: Bagaimana Cara Memilih Popok Kain?

Pertama, tentukan dulu pertimbangan utamanya apa:
  • Budget?
  • Kualitas?
  • Kemudahan pemakaian (praktis)?
  • dll...
Tiga yang di atas itu adalah yang utama. Kalau Anda lebih condong ke budget, maka segera lihat2 popok kain tradisional yang bertali atau popok kain modern buatan lokal (Zigie Zag, Enphilia, Baby Oz, Nice Kids, Cluebebe, etc) atau Cina (Coolababy, Babyland, QBaby, Metro Baby, etc). Selain itu, bisa juga menggunakan jenis flat diapers atau prefold diapers (keuntungan serta perbedaan antara keduanya ada di bahasan lain).

Terkait dengan budget, Anda pastinya akan lebih condong ke jenis yang One Size (bisa dipakai sampai bayi gedean, rata2 sampai berat bayi 13-16 kg). Kalau memang ini pilihan Anda, jangan lupa mempelajari dengan seksama petunjuk setting kancingnya ya supaya pipis bayi tidak bocor keluar.

Sedangkan untuk pertimbangan kualitas, sebagian ibu2 di milis memilih popok kain import dari US atau Eropa. Ini terutama untuk pemakaian malam hari di saat bayi tidur panjang sampai pagi.

Kalau pertimbangannya adalah kemudahan pemakaian, pilihlah yang pocket diapers dan AIO. Di Indonesia, sebagian besar ibu memilih pocket diapers bagi bayi2nya. Keuntungannya, selain mudah memakaikannya, proses pengeringan di jemuran juga relatif lebih cepat dibanding jenis AIO atau fitted diapers.

Pertimbangan lain, kemudahan perawatan. Memang popok kain modern memerlukan perawatan yang tepat dan hati2 sesuai dengan instruksi dari produsennya. Bila Anda lebih memilih popok kain yang perawatannya simple, lebih baik mencari popok kain yang berbahan katun saja (tanpa lapisan PUL). Namun hati-hati ya, sebaiknya melapisi lagi dengan diaper cover supaya pipis bayi tidak bocor.


Share/Bookmark

No comments:

Post a Comment